Home » curhat » “Penyejuk Mata”

“Penyejuk Mata”


Hari ahad yang lalu, qadarullah, saya berkesempatan – atau lebih tepatnya menyempatkan diri, haha – untuk bantu-bantu di acara Pesantren Kilat (Sanlat) untuk anak-anak SD di TPA Nurul Asri, Cimahi. Pesertanya dari kelas 4 sampai kelas 6, masih lucu-lucu kan? hehe. Acaranya di mulai dari pagi, saya dan teman-teman panitian lainnya sampai kira-kira jam 8-an, sampai buka puasa.

peserta Sanlat ceria

kelompok 3 - sanlat ceria 2012

kelompok 3 “Es Buah Kurma”

Sejujurnya saya baru kali ini jadi panitia Sanlat, apalagi buat anak-anak SD. Seru juga ternyata, main-main sama anak-anak SD yang masih imut-imut, polos-polos (ga juga sih, haha), masih semangat-semangatnya pokoknya :-D. Acaranya lumayan padat, mulai dari senam/goyang-goyang, cerita-cerita, bikin menara dari sedotan, bikin mahkota dari karton, lomba-lombaan, sampe perform per kelompok. Oh iya, saya kebagian satu kelompok, namanya kelompok “Es Buah Kurma”, anggotanya 4 cowok dan 4 cewek, masih lucu-lucu, haha. (dari tadi ngomong lucu-lucu mulu -.-)

bikin mahkota

Yah, intinya mah, menyenangkan lah, biarpun badan capek diseret anak-anak kesana kemari, ngejer-ngejer anak-anak yang bandel dan sebagainya, tapi tetep, ngeliat anak-anak umur segitu tuh rasanya….gimanaaa gitu. *lebay*
Tapi beneran, rasanya jadi tenang, adem, gitu weh pokoknya. Jadi ternyata emang bener firman Allah subhanahu wa ta’ala, ya iyalah ya, bahwa anak-anak tu termasuk perhiasan dunia, terasa indah, menyenangkan.

“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). Katakanlah: ‘Inginkah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?’ Untuk orang-orang yang bertakwa (kepada Allah), pada sisi Rabb mereka ada surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya. Dan (mereka dikaruniai) istri-istri yang disucikan serta keridhaan Allah. Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.” (Ali ‘Imran: 14-15)

Ya, memang begitu, Allah memang menjadikan hal-hal yang tersebut di atas, termasuk anak-anak, indah pada pandangan manusia. Tapi Allah juga bilang, bahwa ada yang lebih baik dari itu, sekali lagi, ada yang lebih baik dari itu semua saudara-saudara.

Mungkin kita semua udah pada tau lah ya, harta benda, istri, anak-anak, itu semuanya memang titipan Allah, suatu saat bisa saja Allah mengambilnya dari kita. Mungkin semua udah tau, tapi tetep aja, Allah mengingatkan kita lagi, bahwa hal-hal tersebut sangat mungkin melenakan kita, membuat kita lupa, dan akhirnya menjauhkan kita dari kenikmatan yang lebih besar dari itu.

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah harta-hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang membuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang rugi.” (Al-Munafiqun: 9)

Hmmm… liat anak-anak orang aja udah segitu senengnya, apalagi liat anak-anak sendiri ya? #eh

Ah, mumpung anak-anaknya belum ada (haha), mau doa dulu ah, supaya nanti istri dan anak-anaknya bener-bener jadi “penyejuk mata” dengan akhlak dan agamanya, dan jadi orang-orang yang bertaqwa atau bahkan pemimpin orang-orang bertaqwa, aamiiin 🙂

“Rabbanaa hablanaa min azwajinaa wa dzurriyyatinaa qurrata a’yun waj’alnaa lilmuttaqiina imaamaa”

“Wahai Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al Furqan:74)

P.S. sebagai “bonus”, ada satu lagi fotonya, tapi bukan peserta sanlat, bukan di acara sanlat juga, hehe 😀

namanya afifah, lucu kan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s