Home » ragam » Keindahan Shalat Subuh

Keindahan Shalat Subuh


“Tabuh berbunyi gemparkan alam sunyi, berkumandang suara adzan…”

Pernah dengar lirik lagu diatas? Ya, itu potongan lirik lagu yang berjudul “Peristiwa Subuh” dari Raihan. Buat yang belum pernah denger sok aja googling atau cari aja di Youtube, hehe.

Ya sesuai dengan judul tulisannya, dan sesuai juga dengan isi lagunya Raihan itu, kali ini insya Allah akan sedikit dibahas tentang shalat wajib yang paling awal dilakukan dalam satu hari, yaitu shalat subuh. Ayo ngacung, siapa yang hari ini sudah shalat subuh dan shalatnya berjamaah di masjid (buat yang laki-laki)? hehe.

Terus terang saya sedih melihat realita di lapangan (di masjid maksudnya), kebanyakan masjid-masjid itu jamaah shalat subuhnya sedikit, bahkan kadang satu shaf saja tidak penuh. Ada juga sih yang lumayan banyak jamaahnya, misalnya masjid di tetangga gang kosan saya, itu lumayan, alhamdulillah. Tapi ya kebanyakan gitu, minimal sekali lebih sedikit dari jamaah shalat yang lain.

Padahal keutamaan shalat subuh itu banyak lho, ganjarannya luar biasa, pahalanya besar, apalagi cuma dibandingkan dengan meringkuk di kasur sambil selimutan (baca : berselimut). Dan udah pada paham juga kan ya kalau shalat berjamaah itu, menurut sebagian besar ulama, hukumnya wajib bagi laki-laki. Jadi harusnya ga ada alasan untuk malas-malasan shalat berjamaah.

Biar lebih tertarik buat shalat subuh, saya tulis lagi deh beberapa keutamaannya.

Keutamaan Shalat Subuh

Yang pertama, shalat subuh tu salah satu penyebab kita bisa masuk surga. Wah, enak kan? dengan shalat subuh bisa masuk surga. Nih dalilnya

Barangsiapa yang mengerjakan shalat bardain (yaitu shalat  shubuh dan ashar) maka dia akan masuk surga.” (HR. Bukhari no. 574 dan Muslim no. 635)

Yang kedua, shalat subuh berjamaah itu hitungannya setara dengan shalat semalam penuh. Dahsyat kan? Nih dikasih lagi dalilnya.

Barangsiapa yang shalat isya` berjama’ah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.” (HR. Muslim no. 656)

Masih banyak lagi sih, tapi dua dulu aja ya, hehe. Oh ya, udah tahu juga kan kalau ada shalat sunnah sebelum (qabliyah) shalat subuh. Nah itu dahsyat juga pahalanya. Shalat sunnah subuh itu pahalanya melebihi dunia dan seisinya, jadi dunia pun ga sebanding dengan shalat sunnah ini, apalagi cuma seonggok kasur dan sehelai selimut, jauuuuh….

“Dua rakaat shalat sunnah subuh lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya.”(HR. Muslim725).

Gimana? masih malas untuk shalat subuh? Selain ada keutamaan, tentu ada juga ancaman buat yang (dengan sengaja) meninggalkan shalat subuh

Ancaman Bagi yang Meninggalkan

Mau tahu ancamannya? Pernah denger yang namanya orang munafiq? Ya, orang munafiq itu orang yang di mulut bilang beriman tapi di hati dia menolak dan tidak meyakini. Yang lebih mengerikan lagi, orang munafiq itu tempat kembalinya adalah “dasar” neraka,

“Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari Neraka. Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka.” (An-Nisaa’: 145)

Ya, jadi ancamannya adalah…. bisa disetarakan/disejajarkan/dianalogikan dengan orang munafiq, na’udzubillah….

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Sesungguhnya shalat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak.” (HR. Bukhari no. 657 dan Muslim no. 651)

Sekian dulu deh, khawatir tidak bisa mengamalkan apa-apa yang diucapkan (ditulis) 😦
Semoga kita semua (terutama saya) bisa istiqamah dalam menjalankan ibadah-ibadah wajib dan terhindarkan dari penyesalan karena meninggalkannya

wallahu al-musta’an

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s