Home » curhat » Menunda-nunda Shalat? Bolehkah?

Menunda-nunda Shalat? Bolehkah?


“Eh, nonton bareng yuk? ada yang jam 18.00 nih” “emang maghrib jam berapa?” “Jam 17.45 kok, sempet lah” “isya-nya gimana? kan filmnya 2 jam-an” “ya isya ntar di rumah aja”

“Eh, jadwal acara sharing-sharingnya jam berapa?” “Jam 15.00-17.00” “wah, ashar kan jam 15.08?” “santai lah… toh maghribnya masih jam 17.40-an, masih sempet kok”

Pernah mengalami kejadian atau percakapan yang mirip dengan contoh di atas? Setidaknya saya pernah mengalami hal-hal yang mirip, hehe. Beberapa kali saya mendapati bahwa banyak orang, muslim tentunya, yang menunda waktu shalat. Maksud menunda disini yaitu tidak mengerjakan shalat di awal waktu (ngerti kan awal waktu tu gimana?). Entah itu karena pekerjaan, kuliah, karena sedang dalam perjalanan, karena makanan belum habis, dsb. Hal ini sudah lumrah terjadi sepertinya ya? hmm…

Pertanyaannya, boleh ga sih nunda shalat? Ya boleh jika memang ada hal-hal yang menghalangi untuk mengerjakan shalat di awal waktu dan hal-hal tersebut dibenarkan dalam syariat. Misalnya, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam pernah menunda shalat zuhur berjamaah karena udaranya masih panas, jadi Rasulullah menunda sampai udaranya jadi lebih dingin. Kalau karena hal-hal lain yang mendesak gimana? Yah…silahkan dipertimbangkan sendiri, seandainya ada agenda yang jika ditunda dapat membawa mudharat ya shalatnya bisa ditunda asalkan waktunya memang masih ada. (Biar lebih mantap mungkin bisa baca bukunya Syaikh Yusuf Al-Qardhawy yang judulnya Fiqih Prioritas, biar bisa menentukan mana yang prioritas mana yang bukan)

Lantas, kenapa jadi masalah? sampai ditulis segala disini? hehe. Coba dilihat lagi, judulnya adalah “menunda-nunda” bukan “menunda“. Menurut pendapat pribadi saya, menunda-nunda itu berbeda dengan menunda. “Menunda” itu memang ada penyebabnya yang penting, urgent, istilah kerennnya udzur syar’i. Kalau “menunda-nunda” itu, sengaja mengundur-undur tanpa ada alasan yang jelas, karena malas, atau karena alasan-alasan tidak penting, hal-hal tidak penting yang sebenarnya bisa dikerjakan di lain waktu, atau bahkan sebenarnya ditinggalkan pun tidak membawa mudharat. Misalnya, kalau ga jadi nonton film 3D yang katanya box office itu ga bakal  kenapa-kenapa kan ya? Toh, paling ketinggalan bahan ngobrol, hehe 😀

Apa sih? gitu aja dibahas? sok alim!

Yah, bukankah sebagai sesama muslim memang seharusnya saling menasehati dalam hal kebenaran dan kesabaran supaya tidak termasuk orang yang merugi (lihat QS. Al-‘Ashr)? Allah ta’ala juga berfirman

Katakanlah: Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, maka ikutilah (sunnah/petunjuk)ku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu, Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS Ali ‘Imran:31)

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda

“Barangsiapa yang membenci sunnahku, maka bukan termasuk golonganku” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sedangkan kita mungkin sudah sama-sama tahu, bahwa yang disunnahkan oleh Rasulullah adalah shalat di awal waktu dan berjamaah di masjid (untuk yang laki-laki). Sungguh merugi orang yang meninggalkan shalat berjamaah dan sungguh merugi orang-orang yang menunda-nunda waktu shalat, apalagi sampai hampir habis waktunya. Orang-orang yang menunda-nunda shalatnya sampai seperti itu adalah orang-orang yang lalai dalam shalatnya, seperti firman Allah subhanahu wa ta’ala

Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat. (Yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya.” (QS. Al-Ma’un: 4–5).

Yah, mungkin segitu saja tulisan ini, khawatir nanti saya terkena dalil yang lain, hehe. Semoga tulisan ini bisa menjadi pengingat bagi diri saya sendiri.

Segala puji hanya bagi Allah. Alhamdulillahilladzi bi ni’matihi tatimmush shalihaat. Wallahu waliyyut taufiq…

5 thoughts on “Menunda-nunda Shalat? Bolehkah?

  1. Tapi kenapa guru agama di sekolah saya saja, mengundur shalat karena ingin belajar tidak boleh? Padahal setelahnya sholat juga.. Sampai dimasukkan ke rapot…

    Infonya sangat bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s