Home » Resensi » Rahasia Kaum Falasha

Rahasia Kaum Falasha


Rahasia Kaum Falasha
Ini adalah (mungkin) novel pertama, setidaknya yang saya baca, yang mengisahkan tentang petualangan muslim indonesia dalam perburuan harta karun Nabi Sulaiman ‘alaihissalam. Buku ini merupakan buku pertama dari trilogi Battle for Solomon’s Treasure yang dibuat oleh penulisnya. Novel yang berjudul Rahasia Kaum Falasha ini bercerita tentang petualangan beberapa muslim asal Indonesia dalam menyelmatkan harta karun Nabi Sulaiman ‘alaihissalam, yaitu Tabut Perjanjian (The Ark of Covenant) yaitu benda yang disucikan oleh umat Yahudi, berbentuk peti yang berisi gulungan kitab Torah (Taurat) yang asli dan dua lauh batu bertuliskan 10 Perintah Tuhan (The Ten Commandements) yang diberikan oleh Allah subhanahu wa ta’ala kepada Nabi Musa ‘alaihissalam di bukit Tursina, dan juga berisi potongan Manna dan Salwa-makanan dari surga.Tabut Perjanjian ini merupakan lambang dari tahta dan kekuasaan

Cerita di novel ini dimualai dengan adegan terbunuhnya Heri, mahasiswa asal  Indonesia yang sedang mengadakan penelitian di Ethiopia untuk kepentingan kuliahnya. Ternyata yang membunuhnya adalah sekelompok Zionis yang menamakan dirinya Knights of Zion, karena ternyata heri menemukan kunci untuk menuju tempat penyimpanan Tabut Perjanjian tersebut. Sebelum menghembuskan nafas terkahirnya, Heri, sempat menitipkan kunci tersebut kepada rekannya, Indra, dan menyuruhnya untuk mengirimkannya ke sahabatnya, Esa, di Indonesia. Petualangan pun berlanjut dengan Esa, Indra, dan teman-temannya demi menyelamatkan harta karun tersebut dari tangan para Zionis. Petualangan ini berlangsung hingga melintasi berbagai negara dan menyebabkan terbunuhnya beberapa rekan mereka.

Menurut saya novel ini cukup menarik karena novel ini tidak hanya menyuguhkan cerita rekaan saja, namun juga berbagai fakta dan wawasan, mengingat penulisya telah melakukan riset selama tiga tahun lebih. Salah satu wawasan yang menarik bagi saya adalah tentang kitab Kebra Nagast, yaitu kitab yang berisi kronik kaisar-kaisar di Ethiopia yang merupakan Dinasti Solomonic atau keturunan Nabi Sulaiman ‘alaihissalam dengan Ratu Balqis. Mungkin novel dengan genre seperti ini memang sudah banyak, namun novel ini memberikan rasa baru karena dibuat dengan sudut pandang baru (dari sisi Islam) dan mengacu pada Al Qur’an yaitu surah Al Baqarah ayat 248.

Identitas Buku :

Judul                : Rahasia Kaum Falasha

Penulis             : Mahardhika Zifana

Penerbit          : Edelweiss

Tahun Terbit : Februari 2009 (cetakan pertama)

Genre                : Roman-Petualangan-Religius

One thought on “Rahasia Kaum Falasha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s